Selamat datang di website Majalah Atraktif ...Aktif – Kreatif dan Inovatif yang diterbitkan oleh Sekolah Dasar Islam Ma’arif Plosokerep Kota Blitar. Alamat Redaksi : Jl.Veteran Gang VI No.10 Plosokerep 66134 Kota Blitar Telp : (0342) 800518. Email Redaksi : majalahintraktif@gmail.com

Minggu, 25 Januari 2015

Majalah Atraktif :PENDIDIKAN MASA DEPAN



                                                                                                                              
PENDIDIKAN MASA DEPAN
Prof. Dr. HM. Zainuddin. M. Pd
Guru Besar Universitas Negeri Malang
Tim Pengembang SDI Ma'arif Plosokerep Kota Blitar


Latar Belakang
Tantangan pendidikan di Indonesia saat ini amatlah besar. Mutu terpuruk baik dalam pengetahuan maupun dalam pendidikan nilai kemanusiaan. Apalagi dengan adanya perubahan sosial seperti kemajuan teknologi informasi yang begitu canggih, dunia ini terasa menjadi kecil sehingga apapun yang terjadi di belahan bumi tertentu dengan cepat diketahui seluruh dunia. Akibatnya, perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat itu dengan mudah masuk ke Indonesia.
            Pengaruh globalisasi itu tidak dapat dicegah lagi. Itulah tantangan bagi pendidikan di Indonesia yang makin kompleks. Tantangan pendidikan yang amat kompleks itu menuntut pendidikan memiliki inovasi. Guru perlu kreatif, terbuka dan mampu memahami perubahan sosial di masyarakat.
Pendidikan di Sekolah Dasar bertujuan bukan hanya membentuk manusia yang cerdas otaknya dan trampil dalam melaksanakan tugas, namun diharapkan menghasilkan manusia yang memiliki moral, sehingga menghasilkan warga negara excellent. Oleh karena itu pendidikan tidak semata-mata mentrasfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi juga mentransfer nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal menghargai kehidupan orang lain tercermin dalam tingkah laku serta aktualisasi diri, semenjak usia SD hingga  kelak dewasa akan  menjadi warga negara yang baik (good citizen) (http://sekolahinovatif. blogdetik.com/2010/04/20/mengaktifkan-siswa- belajar Pembelajaran aktif).      
            Agar pendidikan menjadi lebih baik maka diperlukan inovasi pendidikan di Sekolah Dasar. Oleh karena itu seorang guru tidak boleh mengabaikan kehadiran anak usia sekolah dasar, demi kepentingan di masa depan bagi generasi penerus. Seorang guru dituntut untuk menciptakan inovasi pendidikan yang baik, termasuk di dalamnya guru harus menguasai psikologi pendidikan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai (Isjoni, 2008).
            Tulisan ini akan membahas tentang pendidikan masa depan
Pembahasan
Tidak ada anak didik yang tidak bisa dididik,yang ada :
1.Guru/ortu yang belum bisa mendidik.
2.Guru/ortu yang tidak mau belajar.
3.Guru/ortu yang kurang wawasan.
Pada kesempatan ini peran Guru/orang tua  sangat menentukan,sehingga guru dan orang tua mempunyai peran yang penting.
Konstruksi Pendidikan Masa Depan
  1. Pendidikan diawali dengan pembentukan watak (kepribadian).
  2. Penguatan Aqidah dimantapkannya beribadah
  3. Implementasi akhlak(budi pekerti) dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Pengetahuan Berstandar.
Pola  Asuhan pembelajaran Anak
Fase Anak
  1. Guru adalah model kepribadian dan perilaku siswa (akhlak, pribadi islami, kognitif, afektif, dan psikomotorik).
  2. Guru sebagai induk yang menjadi objeck kelekatan psikologis anak( Guru=orang tua di sekolah./ teman bermain dan belajar)
  3. Bagi anak, guru adalah pelabuhan hati bagi ketentraman hatinya, karenanya lebih dipercaya ketimbang orang tuanya (menyenangkan  dan mendidik, menantang, curahan hati, ungkapan segala rasa hati) Guru bagaikan induk ayam yang sedang mengasuh dan melindungi anak dari segala hal yang mengganggu (pola Pembelajaran individual dan klasikal).
  4. Dia merelakan dirinya untuk diinjak punggungya sekalipun oleh sang anak demi ketenangan anak, Guru adalah (teman/ sahabat/ orang tua)
  5. Ayam terus mengais-ngais makanan sambil terus memanggil anaknya agar tidak jauh dari dirinya (anak dipandu, dibimbing dan diarahkan untuk MANDIRI)
  6. Mereka mengajarkan mata pelajaran mata pencaharian untuk anak yang baru ditetaskannya (guru membelajarakan, untuk mengembangkan kebutuhan belajar, rasa keingin tahuan anak, semangat belajar)

Kesimpulan
Pendidikan masa depan perlu meningkatkan kwalitas Guru,sebagai komponen pertama,kedua Kepala sekolah yang memilki visi dan misi yang jelas dan terukur,ketiga kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA
Budiati Catur Atik.2009. Sosiologi Kontekstual SMA. Klaten Utara.PT. Macanan     Jaya Cermelang.

Isjoni.(2008).Belajar demi Hidup Menjadikan Pendidikan untuk Masa Depan                     yang lebih baik.Yogyakarta:Pustaka pelajar.
          
Latif Abdul. 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung:PT            Refika Aditama.

Sa’ud Syaefudin Udin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung:CV ALFABETA.

Zainuddin.2010. Sosio-Antropologi Pendidikan SD. Malang: CV. Citra Malang

______. Inovatif. (online), (http://sekolahinovatif.blogdetik.com/2010/04/20/
            mengaktifkan- siswa-belajar Pembelajaran aktif), diakses pada tanggal 8 Desember 2011pukul16.00.


  © MAJALAH ATRAKTIF Jl. Veteran Gg VI no 10 Kota Blitar ..Telp: (0342)800518 Disain by Jatimnet Siber Media

Ke : HALAMAN UTAMA