Komunikasi antar guru dan orang tua sangatlah berperan dalam kemajuan kualitas murid. Ada beberapa yang perlu diperhatikan:
1. Ada
baiknya Anda mengetahui nama-nama siswa dan orangtuanya dua minggu
sebelum awal tahun pelajaran baru tiba. Untuk membuka komunikasi tidak
ada salahnya apabila Anda mengirimkan kartu ucapan kepada masing-masing
siswa atau orang tuanya. Usaha ini terbukti manjur dalam mempererat
hubungan begitu para siswa masuk sekolah. Umumnya siswa akan merasa
lebih dekat kepada Anda.
2. Pada
pertemuan pertama dengan para orang tua tunjukan antusiasme Anda.
Beritahukan kepada mereka untuk menghubungi Anda apabila menemukan
masalah pada putra-putrinya. Efek positif dari eratnya hubungan Anda
dengan para orang tua adalah tumbuhnya pengertian kepada para siswa
dalam bersikap.
3. Apabila
Anda menemukan suatu masalah pada salah satu siswa, usahakan untuk
menghubungi orang tua siswa tersebut sedini mungkin. Mereka pada umumnya
akan merasa terbantu dan akan balik mendukung Anda dalam memecahkan
masalah tersebut. Berikan laporan perkembangan siswa serutin mungkin
sehingga Anda dapat mendiskusikannya bersama para orang tua.
4. Informasikan
secara rutin kepada para orang tua apa yang Anda berikan di kelas.
Mereka akan sangat menghargai usaha Anda dalam menjalin komunikasi
bersama guna memajukan kualitas siswa. Apabila memungkinkan laporan
tersebut dapat diberikan secara mingguan atau bulanan.
5. Selain
sebagai pengajar, seorang guru sebenarnya juga berperan sebagai
pendukung kepentingan para siswanya. Usahakan selalu aktif dalam
berbagai pertemuan sekolah sehingga dapat melihat perkembangan dan juga
menyuarakan kepentingan bersama.
6. Anda
tentu saja dapat berkata 'tidak' kepada para orang tua apabila dirasa
permintaan mereka tidak dapat Anda penuhi. Utarakan keberatan Anda
secara sopan, diplomatis, lembut namun tegas. Berikan kepada mereka
penjelasan selengkap-lengkapnya sehingga tidak timbul kesalahpahaman.
Sumber: http://inspiringteach.blogspot.com/ membina-hubungan-orang-tua-dan-guru/ diakses pada tanggal 27012015